Manfaat jaringan komputer

Manfaat jaringan komputer bagi user dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu untuk kebutuhan perusahaan dan jaringan untuk umum.

Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:

Resource sharing yang bertujuan agar seluruh program, peralatan, khususnya data, bias dugunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
High reliability (keandalan tinggi) yang diperoleh karena tersedianya sumberdaya alternatif. Misalnya, semua file dapat disalin (back-up) ke semua mesin, sehingga jika salah satu mesin mati, maka file tetap dapat diakses dari mesin lain yang masih aktif. Selain itu dengan adanya CPU yang banyak maka bila salah satu CPU tidak dipakai, maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walaupun kinerjanya makin menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapat masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.
Saving Money (menghemat uang). Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga besar/kinerja yang lebih baik disbanding komputer yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10X lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetapi harga komputer mainframe juga 10X lipat lebih mahal dari komputer pribadi.
Manfaat jaringan komputer untuk umum adalah:

Jaringan komputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah dibandingkan dengan layanan yang diberikan perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya terik jaringan komputer pada perorangan. Yaiutu:
  1. Akses ke informasi yang berada di tempat lain (seperti akses berita hari ini, info e-gevorment, e-commerce atau e-business), semuanya update.
  2. Komunikasi orang ke orang (person to person seperti email, chating, video conferene dll)
  3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv on-line, radio streaming, download film atau lagu)
  

    3 komentar:

    1. oke sangat banyak sekali informasi yang saya dapat di artikel ini .........

      ReplyDelete
    2. info yang bagus buat di simak ......

      ReplyDelete