Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan computer adalah himpunan “interkoneksi” antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless). Bila sebuah computer dapat membuat computer lainnya restart, shutdown, atau melakukan control lainnya, maka computer-komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan control terhadap computer lain dengan akses penuh).

Dua komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer dan media penyimpanan (hardisk, flopy disk, CD-rom, flash disk dll). Data yang berupa teks, audio, maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabelsehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware, software yang terhubung dalam jaringan secara bersama.

Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dalam jaringan disebut node. Sebuah komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua unit atau lebih, dapat berjumlah puluhan komputerbahkan jutaan node yang saling terhubung satu sama lain.

Di dalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antar-node (komputer), yakni:
  • Peer to Peer
  • Client Server

0 komentar:

Post a Comment