Belajar SEO (Search Engine Optimization)


Apa itu SEO? Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan singkatan SEO merupakan kegiatan yang dilakukan oleh webmaster / pemilik website untuk meningkatkan posisi websitenya pada hasil pencarian di search engine / mesin pencari, hal ini dilakukan dalam rangka untuk menjaring atau mendapatkan pengunjung dari mesin pencari seperti google, yahoo, bing, dan dari search engine lainnya.

 Mengapa mereka melakukan SEO – Search Engine Optimization?

Tidak lain dan tidak bukan karena bila webmaster / pemilik website berhasil mendapatkan posisi atas dihalaman pertama dari hasil pencarian yang sesuai dengan kata pencarian / keyword yang dibidiknya, maka ia akan mendapatkan pengunjung langsung dari search engine / mesin pencari yang merupakan targeted visitor, potensial buyer atau potensial reader untuk websitenya.

Disebut potensial buyer atau reader, dikarenakan pengunjung tersebut sedang mencari informasi pada search engine / mesin pencari dan kemudian ditampilkan oleh mesin pencari tersebut daftar website yang dianggap paling sesuai menurut algoritma search engine tersebut, dan pengunjung tersebut akan membuka website-website tersebut yang salah satunya adalah website Anda. Dan bila memang informasi yang ditampilkan di website Anda sesuai, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sales atau klik iklan dari pengunjung tersebut. Hal ini tergantung dari apa yang ditampilkan di website Anda.
  • Apakah Anda menawarkan produk yang berhubungan dengan informasi yang dicari pengunjung tersebut…
  • Apakah Anda menawarkan jasa seputar informasi yang dicari pengunjung tersebut…
  • Atau Anda menampilkan informasi atau artikel disertai banner atau text iklan PPC – pay per click yang menampilkan iklan seputar informasi yang dicari oleh pengunjung tersebut…
Dengan keadaan seperti ini maka sales akan bisa terjadi untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan dan juga iklan ppc yang ditampilkan akan lebih banyak diklik oleh pengunjung website Anda, karena pengunjung tersebut memang sedang mencari informasi dan memerlukan solusi, yang mana solusi tersebut bisa ditawarkan oleh produk dan jasa Anda atau melalui pihak ketiga lain yang ditampilkan iklannya di website Anda.

Maka dari itu, bila Anda menjalankan bisnis di internet, bisnis apapun itu, sangat disarankan Anda untuk belajar seo dan menerapkan prinsip-prinsip SEO – Search Engine Optimization, agar website Anda ditampilkan posisinya dengan baik oleh search engine di keyword atau kata pencarian yang tepat yang sesuai dengan bisnis Anda. Dengan cara ini maka website Anda bisa mencari calon pembeli sendiri dan menghasilkan uang, tanpa Anda perlu berpromosi yang lain seperti menyewa tempat pemasangan banner iklan di website lain, mengiklankan website Anda melalui iklan ppc dan juga promosi lainnya.

Bila website Anda sudah terindex di posisi dan keyword yang tepat maka Anda tinggal menunggu sales. Sales ini akan ditentukan oleh hot atau tidaknya market Anda, apakah produk Anda merupakan produk kebutuhan atau hanya produk pelengkap, apakah produk Anda memberikan solusi yang dicari pengunjung tersebut dan juga tergantung harga yang ditawarkan oleh Anda masuk budget pengunjung Anda atau tidak.

Kesimpulannya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu hal yang penting saat ini, yang akan menunjang kesuksesan website Anda di Internet. SEO merupakan salah satu metode pemasaran yang penting.

Apakah belajar SEO itu mudah atau sulit?

Belajar SEO tidak sulit tapi juga tidak terlalu mudah, yang perlu dilakukan adalah menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam optimasi website dari sisi internal dan eksternal. Dan bila konsisten dilakukan, posisi website pun akan Anda capai dan website Anda akan bisa mencari pembeli sendiri dan menghasilkan uang.

0 komentar:

Post a Comment