Tips Optimasi Title Tag di Blogspot

Title tag merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah website atau blog seperti blogspot dan wordpress. sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud title tag? title tag bisa di asumsikan sebagai nama judul dari sebuah halaman web atau blog.

Seberapa penting mengoptimalkan Tttle tag?
Sangatlah penting mengoptimalisasi title tag baik untuk judul blog maupun judul artikel. Mengapa? Karena dalam SEO, title tag sendiri memainkan peranan yang cukup penting karena salah satu cara search engine mengukur seberapa relavan suatu halaman website maupun blog adalah berdasarkan title tag. Optimasi title tag sendiri termasuk dalam kategori SEO On page.

Bagaimana cara mengoptimalkan title tag?
Mudah saja, kita tidak perlu menjadi jenius yang berbakat untuk mengoptimalkan title tag. Berikut beberapa tips sederhana guna mengoptimalisasi Title Tag :

1. Gunakanlah Judul Yang Singkat Dan Jelas
Dengan menggunakan judul artikel yang singkat dan jelas maka visitor di blog atau website kalian tentu lebih mudah memahami isi dari informasi yang kalian sajikan.

2. Buatlah Judul Yang Menarik
Semakin menarik tentu semakin asyik kan? Dengan judul yang menarik sudah pasti akan mengundang rasa penasaran visitor kalian.

3. Judul Jangan Melebihi 65 Karakter!
Ingat! Google hanya mendukung 65 Karakter (termasuk spasi dan tanda baca) untuk snippet. Jadi jangan melebihi 65 karakter. Oh ya, di sini saya hanya membahas Google karena Yahoo danBing tidak begitu populer di Indonesia.

4. Taruhlah Keyword Di Awal Judul
Disarankan menaruh keyword atau kata kunci di bagian awal judul. Semakin awal keyword kalian maka kalian akan semakin mudah mencapai top ten di hasil pencarian.Namun di beberapa kasus, walaupun keyword diletakkan di awal bukan berarti kalian akan mudah sukar dikalahkan di hasil pencarian. Jika kalian tetap kalah maka hal tersebut pasti erat kaitannya dengan seberapa relavan suatu dokumen dengan hasil pencarian, seberapa lama usianya, seberapa kuat backlinknya,dan lain sebagainya.

Cara membuat tittle tag agar SEO friendly
Saat kita membuat blog pertama kali, Meta Title ini sebenarnya sudah tersedia pada halaman EDIT HTML, hanya saja belum dioptimasi.  Nah, agar Meta title ini lebih SEO Friendly kita bisa merubah Title standar blogger dengan yang lebih bagus lagi. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Silahkan Login ke Blogger menggunakan akun anda
2. Masuk ke Edit HTML

3. Silahkan cari kode HTML Seperti dibawah ini:

<title><data:blog.pageTitle/></title>
Kemudian ganti semua kode diatas dengan kode dibawah ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>
 4. Save Template, selesai

Setelah kita menerapkan Meta title diatas, akan terlihat perbedaan yang sangat mencolok sekali pada hasil pencarian. Search engine tentu akan mudah menampilkan mana yang merupakan halaman utama dan mana yang merupakan halaman postingan.

0 komentar:

Post a Comment