Katakombe Kom el Shoqafa

Catacombs of Kom el Shoqafa, adalah terjemahan Arab dari nama Yunani kuno, Lofus Kiramaikos yang berarti “tumpukan pecahan” atau “potsherds”. Terletak di barat daya pilar Pompey adalah bangunan bertingkat multi labirin yang menampilkan puluhan kamar dihiasi dengan pilar-pilar patung, simbol-simbol agama Mesir Romano, relung penguburan dan sarkofagus serta ruang perjamuan gaya Romawi, di mana makanan peringatan dilakukan oleh keluarga almarhum.

Banyak fitur dari pekuburan penggabungan kedua Romawi, Yunani dan titik budaya Mesir. Beberapa patung Mesir dalam gaya pakaian Romawi dan sementara rambut dalam berbagi gaya yang serupa. Selama pemerintahan kaisar Antoninus tangga melingkar di tengah digunakan untuk mengangkut mayat, mengarah ke dalam terowongan kuburan ke dalam batuan dasar. Jadi karena aksesnya mudah kemudian digunakan sebagai sebuah ruang pemakaman. Menurut tradisi, ini adalah sebuah ruang pemakaman massal bagi manusia dan hewan yang dibantai oleh perintah Kaisar Caracalla, jadi ini adalah salah satu fitur yang lebih mengerikan dari katakombe, yang disebut Hall of Caracalla.

Terletak di Rhakolis sebuah desa nelayan di bagian lama Kota Alexandria di Mesir; katakombe bertahan karena lokasinya yang menguntungkan ketika kekacauan sejarah yang terjadi selama abad terakhir. Pada tanggal 28 September 1900, menurut kepercayaan masyarakat, sebuah kereta keledai jatuh ke dalam lubang yang menyebabkan penemuan katakombe. Tetapi kenyataannya adalah bahwa Said Ali Jibarah, seorang pria Alexandria, melakukan penggalian dan ia mendobrak kubah sebuah makam di bawah tanah.

kuburan kuno
Mungkin katakombe digunakan oleh sebuah keluarga kaya sebagai makam tunggal dan kemudian diubah menjadi pemakaman umum. Makam terdiri dari tiga tingkat, tingkat pertama terdiri dari ruang depan dengan sebuah exedra ganda, rotunda dan sebuah meja besar dinning dengan kursi-kursi di tiga sisi (triclinium), termasuk platform untuk ritual pemakaman; dalam keadaan asli.

Tingkat kedua adalah makam utama dengan sebuah koridor sekitarnya, patung megah, dekorasi di semua tempat yang tepat, gambar, ukiran hiasan dan praktis segala kebutuhan untuk ruang pemakaman. Tingkat ketiga yang tenggelam dalam air tanah, juga jenuh dengan pasir. Jumlah besar potongan batu alur yang dikenal sebagai “loculi”. Komplek ini berisi lebih dari seratus loculi atau potongan batu kuburan sarkofagus.

Mewakili integrasi dari budaya dan tradisi dari Mesir, pemakaman yang unik, tergambar dari rancangan dan dekorasi mereka. Orang-orang disini tampaknya memiliki bakat untuk menggabungkan, sehingga di tempat ini kita menemukan dekorasi yang terkait dengan tema Mesir kuno yang membuat mereka sebagai fakta unik dan tidak seperti apa pun di dunia.

   

The Catacombs of Kom el Shoqafa mungkin tidak terkenal atau terlihat sebagai Piramida tetapi mereka sama-sama menakjubkan dan mungkin lebih menarik daripada Piramida. Dalam zaman Kristen dahulu dari Kekaisaran Romawi, ini adalah ruang bawah tanah pemakaman untuk mengubur mereka terpaksa mati dan menghindari penodaan oleh rezim yang menindas. Anggota Firaun-Cult meletakkan mayat utuh di tempat ini karena mereka percaya kelahiran kembali.
    

0 komentar:

Post a Comment