Sikap Mental Pebisnis Online

Siapkan mentalmu untuk berbisnis online. Inilah topik hari ini dari saya. Bila sobat memutuskan untuk terjun dalam dunia bisnis online atau bisnis internet, maka saya sarankan untuk menyiapkan mental. Mengapa hal ini penting..? Saya asumsikan, kamu sudah bisa dan mengerti tentang segala hal yang berkaitan dengan bisnis internet secara detail dan mendalam tentang teknis pelaksanaannya. Namun apakah kamu siap dengan apa yang akan kamu hadapi selama perjalanan ke depan?

Mungkin kamu telah menjalankan beberapa atau semua dari jenis-jenis bisnis online telah saya tuliskan dalam artikel sebelumnya di sini. Sekarang adalah, bagaimana kesiapan kamu secara nonteknis untuk menjalaninya dalam hal ini kesiapan mental menjalankan bisnis online tersebut. Ok, tanpa panjang lebar saya akan memberikan sedikit tips untuk kamu tentang mental pebisnis online. Jadi bukan hanya di dunia kerja seperti yang kita kenal sehari-harinya saja diperlukan persiapan mental, namun di bisnis internet atau bisnis online juga demikian.

Sikap mental pebisnis online yang harus kamu miliki adalah:

  1. Jadilah pribadi yang unik lain dari yang lain.
  2. Berani mengambil resiko. No pain no gain.
  3. Tindakan nyata dan praktek lebih diutamakan daripada ngomong doang.
  4. Tidak pernah menyerah walaupun dihadapkan pada keadaan yang tersulit sekalipun yang mungkin sering dan pasti akan ditemui nantinya.
  5. Harus punya ambisi dan mimpi, punya tujuan atau goal yang kuat.
  6. Manfaatkan setiap peluang yang ada, jangan menunggu sebab peluang itu hanya datang sekali.
  7. Selalu belajar dan menghargai ilmu dan pendapat orang lain.
Untuk sukses bisnis online butuh waktu
Kesuksesan online atau kesuksesan berbisnis apapun itu baik online maupun offline bukanlah suatu hal yang instant. Anda tidak akan bisa mendapatkan hasil ratusan bahkan ribuan dollar dari internet hanya dalam sebulan dua bulan tiga bulan bahkan mungkin setahun berbisnis. Semuanya butuh proses. Ingat, proses-lah yang menjadikan mentalmu semakin kuat dan tangguh. Bahkan para master bisnis online pun tidak langsung berhasil dalam sekejap mata. Mereka juga butuh waktu berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun untuk menjadi sukses.

Untuk sukses bisnis online kadang gagal dulu.
Serupa dengan dengan bisnis offline di dunia nyata, kadang kita juga perlu gagal dahulu untuk bisa mencapai kesuksesan. Tapi jangan gagal terus donk. Para master bisnis online dari berbagai negara pun begitu, sering mengalami kegagalan. Gagal bukan berarti akhir dari segalanya. Justru kegagalan berperanan penting bagi kita untuk bisa belajar darinya. Dengan kegagalan kita juga bisa mengetahui apa saja yang harus kita hindari dalam berbisnis online yang kita jalankan.

Kesuksesan bisnis online tidak ada jaminan-nya.
Ingat, di dunia ini tidak ada orang yang bisa menjamin apa yang akan terjadi esok hari, tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan kita lakukan esok hari. Termasuk menjamin apakah kita akan sukses berbisnis online atau gagal. Urusan kita hanyalah berusaha dan berdoa. Selanjutnya serahkan kepada Yang Maha Esa. Apakah nanti akan sukses atau gagal, itu terserah pada-Nya.
Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha, dan berdoa. Lalu jalankan bisnis-bisnisnya dengan jujur, konsisten, fokus dan penuh semangat. Sekarang yang menjadi masalah adalah, maukah anda menjalani semua proses tersebut? Semoga bermanfaat.
.

0 komentar:

Post a Comment